Bangunan Peninggalan Belanda

Peninggalan Belanda

Dari sedikit bangunan tua yg masih tersisa, ini salah satunya. Rumah ini terletak di samping Lapangan Prajurit (menghadap ke sungai)

(sumber : facebook paser online)


Barisan rumah yang terletak di salah satu sisi lapangan Prajurit ini adalah bangunan Belanda yang dibangun pada tahun 1927, pada masa penjajahan di Indonesia hingga saat ini masih terlihat kokoh & kuat. Bangunan peninggalan Belanda terkenal sangat kokoh seolah Belanda yakin akan berkuasa selamanya di Indonesia. Tidak sedikit bangunan tsb masih digunakan sampai sekarang di seluruh Indonesia, baik oleh pemerintah, kalangan swasta atau pun rakyat biasa. Tidak dipungkiri memang bangunan Belanda yang masih kokoh berdiri dibangun berlandaskan kualitas yang baik. Dari mulai struktur pondasi sampai pada perekatan antara besi beton dan semennya.
Dan jika dibandingkan dengan bangunan2 pemerintah seperti sekarang ini, sangat jauh sekali perbedaannya. Sangat jelas sekali terlihat pada keretakan2 dinding yang tiba2 ada, belum juga satu tahun, tapi sudah timbul retakan. Untuk itu, kita harus mencontoh pada bangunan Belanda yang benar2 serius dalam pengerjaannya hingga bisa bertahan & kokoh sampai saat ini.


(sumber : facebook paser online)

Bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu yang terletak di Jl Yos Sudarso, tepatnya di depan siring ulin, adalah rumah kediaman Hok Cho. Rumah ini sangat mirip dgn rumah dinas inspektur polisi Belanda di masa penjajahan dulu. Foto rumah ini di tahun 1915 lihat KLIK DISINI
Dilihat dari depan, bentuk rumah ini masih sama seperti bentuk aslinya, kecuali perombakan pada bentuk atap, tingkap jendela dan pagar berandanya.


(sumber : facebook paser online)
< >